Menu Close

Semangat Berbagi Melalui Pendanaan P2P Lending Guna Tingkatkan Perekonomian Indonesia

Beberapa tahun belakangan pendanaan crowdfunding P2P lending telah berperan pesat dalam meningkatkan perekonomian terlebih saat krisis. P2P atau Peer to Peer lending sebenarnya adalah aktivitas pinjam meminjam tanpa memberatkan salah satu pihak. Dengan demikian, manfaat finansial dapat dirasakan keduanya baik oleh borrower serta lender.

Apa itu crowdfunding P2P? P2P merupakan platform pinjam-meminjam uang secara online. Pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal kerja untuk tumbuh akan terhubung dengan pendana yang mencari alternatif pendanaan yang lebih menguntungkan dibanding instrumen pendanaan konvensional.

Secara sederhana metode pinjam meminjam ini sering dikaitkan dengan usaha bisnis. Memang, kebanyakan para borrower atau peminjam adalah pengusaha yang berusaha mengembangkan bisnisnya. Hanya saja mereka kekurangan modal sehingga memerlukan suntikan dana lebih. Salah satu cara dengan meminjam di fintech P2P lending.

Bukan tanpa alasan mengingat meminjam di P2P lending mempunyai manfaat besar dengan risiko kecil dibandingkan lainnya. Belum lagi, bagi lender atau pendana secara tidak langsung berperan aktif menyediakan dana bagi orang yang membutuhkan. Tentunya dengan sistem adanya imbal hasil bagi lender sebagai pihak pendanaan P2P lending.

Hadirnya P2P lending memang menjadi magnet tersendiri demi sehatnya finansial. Bagaimana tidak, sistem ini secara nyata memberi manfaat baik bagi lender serta borrower. Bagi borrower mereka dapat dana dengan cepat tanpa jaminan. Sementara bagi lender secara tidak langsung memberi sumbangsihnya dengan tetap mendapat manfaat.

Mengapa Harus Menjadi Lender P2P Lending? Berikut Alasannya!

Mengalokasikan dana lebih untuk diambil manfaatnya di kemudian hari memang tidak boleh sembarangan. Dikarenakan risiko besar dapat menimpa Anda kapan saja. Sehingga perlu waspada ketika ingin mengalokasikan dana. Setidaknya cari metode terpercaya yang mampu menjamin keamanan dana Anda seperti P2P lending.

Ada beberapa alasan mengapa harus mencoba menjadi lender pendanaan P2P lending. Antara lain metode finansial ini telah resmi diatur serta diawasi oleh lembaga keuangan legal Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga tidak lagi cemas karena dapat dipastikan dana aman tanpa takut adanya penipuan.

Suku bunga yang terbilang mempunyai nilai signifikan menjadi daya tarik tersendiri ketika menjadi lender. Dibandingkan lainnya, Anda memiliki banyak sekali kesempatan untuk dapatkan imbal hasil maksimal. Tentunya berupa suku bunga dengan nilai cukup tinggi. Sangat cocok untuk penuhi kebutuhan finansialmu di masa mendatang.

Dana terjangkau menjadi alasan selanjutnya mengapa Anda harus mencoba menjadi lender pendanaan P2P lending. Ketika Anda berkesempatan mengalokasikan dana dengan jumlah terjangkau maka besar kemungkinan Anda dapat mendiversifikasi dana. Sehingga hasil yang didapat dapat melebihi target diinginkan. Cukup menguntungkan khususnya bagi pemula.

Adanya semangat berbagai demi tingkatkan perekonomian para pengusaha kecil hingga menengah menjadi alasan sosial yang cukup rasional. Di tengah kondisi perekonomian yang tidak stabil membuat banyak orang kesulitan finansial. Mereka membutuhkan bantuan pinjaman dana. Inilah kesempatan Anda untuk ikut berkontribusi melalui semangat berbagai tersebut.

Tips Alokasikan Dana Sebagai Lender Menguntungkan

Mengalokasikan dana sebagai lender pendanaan P2P lending ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah diversifikasi modal ke beberapa pinjaman. Penyebaran modal ini dimaksudkan guna mengantisipasi jikalau ada borrower yang kesulitan membayar. Setidaknya risiko merugi diperkecil serta membuat lebih besar mendapat imbal hasil.

Ketika memutuskan menjadi lender P2P lending maka jangan sekali-kali menggunakan dana darurat. Dana darurat ini meliputi tabungan guna kebutuhan setiap saat. Pastikan dana untuk tersebut dipisahkan dan memang disengaja khusus untuk pendanaan jangka panjang. Dengan begitu, kondisi finansial Anda tetap sehat terjaga.

Lakukan analisa tingkat tinggi guna menentukan apakah peminjam layak tidaknya mendapat pinjaman. Proses analisa ini diperlukan guna memberi rasa aman atas dana yang telah dialokasikan. Tidak hanya itu, analisa berperan sebagai antisipasi serta memastikan tidak adanya gagal bayar yang merugikan salah satu pihak.

Pilih platform crowdfunding P2P lending terpercaya sebagai tempat alokasi dana. Pentingnya poin ini guna memastikan modal aman dan mendapat hasil sesuai harapan. Cara termudah adalah dengan memilih fintech terpercaya yang telah berpengalaman mengelola dana. Serta berani menjamin keamanan modal yang dialokasikan.

Beberapa tips serta ulasan di atas setidaknya menjadi referensi sebelum menjadi lender. Salah satu alternatif platfrom P2P Lending adalah Amartha. Amartha merupakan platform equity crowdfunding Indonesia P2P Lending yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di Amartha, Anda bisa berpartisipasi sebagai lender (pendana) yang turut membantu UMKM dalam memperoleh modal usaha. Mulai dana 100 ribu saja Anda bisa memperoleh imbal hasil hingga 15% per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *