Menu Close

Bolehkah Terlalu Sering Tangki Bensin Mobil Habis?

TREVO Stories ID - Page 8 of 13 - Kapan pun, Dimana pun
source gambar : stories.trevo.id

Pernah nggak kehabisan bensin ditengah jalan? Bagi beberapa pengendara mobil, hal ini sering kali terjadi. Terlalu malas untuk mampir ke SPBU menjadi alasan paling umum yang dikemukakan untuk kejadian habis mobil tengah jalan. Padahal bahan bakar mobil penting sekali dijaga untuk menjamin kesehatan mesin mobil. Namun, banyak orang abai dengan masalah ini dan akan ke SPBU saat bensin sudah habis banget. Ini bisa menjadi pemicu mesin mobil layanan pesan mobil maupun mobil pribadi rusak.

Bahan bakar baik pada kendaraan roda empat maupun pada motor ada baiknya diisi sebelum menyentuh garis akhir pada indikator tangki bensin. Hal ini dilakukan untuk menjaga kesehatan mesin kendaraan pesan mobil maupun pribadi agar tidak mengalami kerusakan. Mesin mobil kekinian hampir semuanya menggunakan mesin injeksi. Sistem mesin ini akan mudah rusak bila tangki bensin kering alias habis. Sebab, ada kemungkinan kotoran pembuangan juga ikut masuk ke dalam mesin dan melalui proses pembakaran yang akan merusak mesin.

Mesin kendaraan dengan sistem injeksi sendiri menggunakan piston yang kinerjanya harus ada dalam balutan bahan bakar. Bila piston sendiri tidak terendam bensin maka angin akan masuk ke ruang piston yang akan menyebabkan mesin ‘kembung’. Bila hal ini terjadi maka mesin akan lebih mudah rusak dan sulit untuk dihidupkan. Kemungkinan juga mesin mobil pesan mobil maupun pribadi jenis ini akan menghabiskan banyak biaya untuk mengganti sparepart-nya.

Bila kamu terlanjur sudah kehabisan bensin ditengah jalan dan mobilmu tipe mesin injeksi, maka kamu bisa melakukan beberapa hal berikut agar mesin aman saat diisi bensin.

  1. Mematikan mesin mobil
  2. Setelah bensin diisi, ada baiknya untuk melakukan bleeding

Bleeding merupakan kegiatan membuang angin pada mesin mobil. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan memasukkan kunci mobil ke posisi on dan membiarkan indikator menyala semua serta bunyi mesin berhenti. Selanjutnya mematikan mesin. Ulangi kegiatan ini 5 – 7 kali.

Kegiatan ini bisa memudahkan mesin kamu untuk menerima bahan bakar yang baru diisi dan membuang angin pada tangki bensin. Namun, jangan sering membiarkan mesin kehabisan bensin terlalu sering ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *