Menu Close

Berikut Sejarah Sepak Bola di Dunia Secara Singkat

Permainan sepak bola tentu bukan merupakan hal yang asing lagi bagi Anda semua. Pasalnya banyak orang menyukai olahraga yang satu ini, yang menjadikan cabang ini menjadi nomor satu paling digemari di dunia.

Sepak bola sendiri merupakan olahraga yang dimainkan dalam bentuk regu yang memiliki jumlah pemain 11 orang dari masing-masing regunya. Tim yang mencetak gol atau memasukkan bola paling banyak keluar sebagai pemenang. Permainan sepakbola berlangsung selama 90 menit yang dibagi menjadi dua babak, dengan masing-masing babaknya berlangsung selama 45 menit.

Seperti Apa Sejarah Sepak Bola Di Dunia Secara Singkat?

Sepak Bola Kuno

Menurut catatan tertua dalam sejarah sepak bola dunia, permainan sepak bola hadir sekitar 3000 tahun lalu dari Aztec yang dinamakan Tchatali. Saat itu permainan masih menggunakan bola yang terbuat dari batu. Saat itu, permainan sepak bola dimainkan dengan berbagai tujuan di dalamnya, salah satunya sebagai ritual, dengan bola yang disimbolkan sebagai matahari. Bagi tim yang kalah dalam permainan, akan dikorbankan kepada dewa-dewa.

Sejarah lain mencatat tentang sejarah ini, dimana permainan sejenis telah ada pada Dinasti Han, Tiongkok sekitar tahun 1122-247 SM. Saat itu, permainan ini disebut Tsu Chiu dengan bola yang terbuat dari kulit yang di dalamnya diberi rumput. Permainan ini dimainkan oleh dua regu, dengan masing-masing regu beranggotakan 10 orang. Yang membuat permainan ini dipercaya sebagai cikal bakal sepak bola adalah karena pola permainan yang sama. Dimana tim harus memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke jaring lawan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola Lengkap dengan Gambar dan Sejarahnya
source gambar : indosports.com

Sepak Bola Modern

Dalam perkembangan sejarah sepak bola kuno, permainan dilakukan tanpa adanya aturan dan legal dilakukan menurut kepercayaan masing-masing. Selain itu, tentu belum ada organisasi yang mewadahi kegiatan tersebut. sepak bola modern dimulai pada abad 18 Masehi saat badan English Football Association didirikan di Inggris. Diketahui organisasi tersebut lahir pada taanggal 26 Oktober 1863, hingga pada tahun 8 Desember 1963 muncul peraturan sepak bola modern pertama. Banyak perubahan yang terjadi terkait peraturan tersebut sampai sekrang.

Salah satu batu loncatan dan merupakan jejak penting dalam dunia sepak bola terjadi pada tanggal 21 Mei 1904 dimana saat itu Perancis membuat federasi sepak bola Internasional yang bernama FIFA atau Federation International de Football Association. Seteah 26 tahun FIFA berdiri, kemudian diadakan perhelatan sepak bola terbesar dunia yang disebut World Cup atau Piala Dunia di Motevideo, Uruguay.

Itu dia beberapa ulasan tentang sejarah sepak bola di dunia secara singkat yang penting Anda cermati dan ketahui bersama. Artikel ini diharapkan bisa memberikan informasi dan juga manfaat bagi Anda semua tentang hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *