Menu Close

5 Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Aman untuk di Download

Ciri aplikasi pinjaman uang yang aman untuk didownload sebenarnya mudah saja kok. Ciri-ciri tersebut mungkin memang belum dikenal oleh para pemula. Terutama yang tidak terlalu melek dengan teknologi. Namun, hal fundamental seperti ini memang perlu dipahami dan dipelajari karena tidak semua aplikasi kredit hp tanpa dp aman dari aplikasi ilegal.

Secara sederhana, aplikasi yang beredar di internet akan disimpan secara cloud. Namun, kita juga perlu melihat siapa sebenarnya pemilik cloud tersebut. Jika cloud tersebut dikelola secara profesional, biasanya ada beberapa identitas yang harus diisi sehingga penggunaannya pun jelas dan legal.

Yang bahaya jika disimpan di website personal tapi seolah-olah resmi padahal tidak resmi. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut yang perlu kamu perhatikan dengan baik.

Terdaftar di OJK secara resmi

Pemerintah sudah cukup jelas dalam mengedukasi konsumen dalam berurusan dengan fintech. Bahkan pemerintah saat ini cukup tegas memberantas fintech ilegal. Efeknya bukan hanya memperburuk citra fintech tetapi juga merugikan konsumen.

Paling mudah, cek dulu daftar perusahaan di OJK. Apakah nama perusahaan aplikasinya terdaftar atau tidak secara jelas dan sah. Jika sudah terdaftar apakah masih masuk dalam daftar fintech yang aktif atau sudah dibekukan. Update ini tetap harus dicek secara berkala karena datanya bisa dinamis atau berubah-ubah sesuai dengan kondisi di lapangan. 

Download dari Google Play Store atau App Store

Cara paling aman lainnya adalah download langsung dari google play store. Akun google play store dengan nama perusahaan biasanya sudah mengikuti regulasi yang ada. Sehingga tidak sembarang orang bisa mengunggah aplikasi yang melanggar privasi yang sudah ditetapkan oleh Google Play Store. 

Beberapa kondisi permission harus dicek apakah ada akses ke phonebook atau tidak. Jika ada, berarti harus di skip karena OJK sudah melarang app mengakses phonebook debitur atau para nasabahnya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Website jelas dan sudah menerapkan SSL 

Perusahaan yang punya niat berbisnis pasti memiliki modal yang kuat. Salah satunya adalah membangun website yang punya reputasi secara online maupun offline. Website perusahaan akan dibangun dengan jelas, sistematis dan terstruktur sehingga calon nasabah bisa mengetahui seluruh informasi yang dibutuhkan cukup lewat website resminya saja. 

Penawaran tidak lewat SMS atau WA 

Ini juga penting untuk diperhatikan. Karena fintech abal-abal biasanya menawarkan pinjaman lewat sms atau blast WA. Diarahkan lewat situs tertentu untuk mengunduh aplikasi dan melakukan pendaftaran. Proses seperti ini jelas sudah mencurigakan. OJK tidak merekomendasikan jika ada fintech yang melakukan promosi lewat SMS atau WA secara langsung kepada calon nasabahnya. 

Kredivo tawarkan cicilan 0% persen tenor 3 bulan

Jika ingin lebih aman dan jelas dalam bertransaksi apalagi berencana mencicil smartphone lewat aplikasi kredit hp tanpa dp, jelas pilih saja Kredivo. Integritas dan kredibilitasnya juga jelas. Semua informasi diberikan secara transparan di website resminya. Pun proses pendaftaran dan pengajuannya juga dilakukan secara online. 

Selain menawarkan pinjaman tunai secara online, Kredivo juga menawarkan fitur pembayaran lewat pay later dengan biaya admin 1% saja per bulan. Transaksinya bisa dilakukan secara online maupun offline. Untuk pay later online bisa diakses langsung lewat marketplace dan nanti pilih pembayaran lewat Kredivo dengan skema bayar dalam 30 hari dan 3 bulan.

Fitur tersebut jelas menguntungkan, karena kamu bisa membeli smartphone idaman kamu dengan bunga nol persen selama dicicil 3 bulan. Apapun barangnya selama memenuhi minimal transaksi Rp500 ribu, bisa dicicil sampai dengan 3 bulan dan bunganya nol persen hanya di Kredivo. 

Untuk transaksi offline, tinggal datang ke konter atau merchantnya, lalu transaksi menggunakan scan barcode. Beberapa merchant yang sudah bekerja sama dengan Kredivo seperti McD, IKEA, Electronic City, Erafone dan lain sebagainya.

Kelebihannya, Kredivo punya jaringan merchant yang cukup luas lebih dari +1000 merchant yang di Indonesia termasuk beberapa marketplace besar seperti Tokopedia, JD.ID, Blibli, Bukalapak dan juga Shopee.  Tetap bisa nyicil handphone lewat marketplace favorit kamu dengan bayar lewat Kredivo.

Untuk pay later yang ditawarkan oleh Kredivo kini tenornya menjadi lebih panjang yaitu pilihan tenor 30 hari dan 3 bulan dengan bunga nol persen. Untuk cicilan nol persen ini tidak berlaku untuk pinjaman tunai. Untuk cicilan 6 bulan dan 12 bulannya tetap dikenakan bunga cicilan sebesar 2,6% per bulan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *