Jejak Kebakaran Hutan di Calon Lokasi Sawah Baru Jokowi

featured image

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan salah satu lokasi yang disiapkan untuk menjadi area cetak sawah baru oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Lokasinya yaitu Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, 90 kilometer dari ibu kota provinsi, Palangka Raya.

Dalam keterangannya, Airlangga belum menjelaskan lokasi pasti lahan gambut di Kabupaten Pulang Pisau yang bakal dijadikan areal sawah baru. Namun dalam catatan yang ada, Jokowi sudah pernah mengunjungi kabupaten tersebut sekitar lima tahun lalu, pada tahun 2015.

Dalam laman resminya, Sekretariat Kabinet mencatat bahwa pada Kamis, 24 September 2015, Jokowi meninjau titik api atau hotspot di Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.  Jokowi dan rombongan meninjau lokasi hutan yang masih terbakar yang terletak di pinggir jalan Trans Kalimantan.

Kepada wartawan, Presiden Jokowi mengakui jika kabut di Pulang Pisau semakin pekat karena memang di kanan kiri semua terbakar.  “Kita harus sampaikan apa adanya, ini yang banyak adalah lahan gambut,” kata Jokowi saat itu.

Lahan gambut adalah lahan yang mudah terbakar, sehingga sangat sulit memadamkan api yang berada di lahan gambut. “Tadi saya berdiam diri selama lima menit, tiba-tiba saja api membesar,” kata Jokowi. 



Sumber

https://dnetwork.site/jejak-kebakaran-hutan-di-calon-lokasi-sawah-baru-jokowi/

Subscribe to receive free email updates: