Pandemi Corona, Ada Masker Khusus untuk Anak di Atas 3 Tahun

featured image

TEMPO.CO, Jakarta – Pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menganjurkan semua orang menggunakan masker saat harus keluar rumah di tengnah pandemi virus corona baru atau Covid-19. Ini untuk mencegah penularan virus itu lebih luas lagi. Penggunaan masker tidak hanya oleh orang dewasa, tapi juga anak-anak ketika mereka harus keluar rumah untuk kondisi darurat, misalnya ke dokter.

Kebanyakan masker yang beredar saat ini adalah untuk dewasa. Jika digunakan anak, masker ini akan kebesaran dan berisiko mengurangi efektivitasnya. Saat ini terdapat beberapa produsen yang khusus memproduksi masker, salah satunya produsen aksesori mobil Makko Group.

Masker khusus untuk anak tiga tahun ke atas ini diklaim terbuat dari bahan lembut dan fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran kepala anak.

“Ada dua faktor penting yang harus diperhatikan dalam memberikan masker untuk anak, yaitu harus pas di wajah dan memberikan kenyamanan, karena jika anak tidak nyaman dengan masker nya dan terus menerus menyentuh wajah maka akan menambah tingkat risiko penyebaran virus,“ ujar Delfi Adrianti, Public Relation Makko Group. 

Saat ini belum ada panduan khusus menggunakan masker untuk anak, tapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC merekomendasikan anak di bawah dua tahun tidak boleh menggunakan penutup wajah apa pun.

Cara terbaik mencegah penularan Covid-19 di masa pandemi ini untuk anak adalah dengan mengajarkan mereka perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk makan dengan gizi seimbang, istirahat cukup, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, beraktivitas cukup, dan tetap menjaga jarak atau di rumah saja.



Sumber

https://dnetwork.site/pandemi-corona-ada-masker-khusus-untuk-anak-di-atas-3-tahun/

Subscribe to receive free email updates: