MRT Dukung Instruksi Jokowi soal Penggunaan Masker

featured image

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi mewajibkan penggunaan masker bagi seluruh masyarakat yang berpergian ke luar rumah. Kebijakan Jokowi tersebut dilandasi oleh anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sebelum virus corona menjadi pandemic, WHO sempat menganjurkan penggunaan masker hanya bagi yang sakit. Namun mengingat jumlah penderita virus corona semakin banyak dan transmisi cepat terjadi, maka WHO mengubah anjuran penggunaan masker.

Dalam rangka mendorong kebijakan pemerintah pusat, PT. MRT Jakarta sudah mulai menyosialisasikan penerapan penggunaan masker bagi pengguna jasa di lingkungan stasiun dan kereta MRT Jakarta sejak 6 April 2020.

“Mulai 6 April hingga 11 April kami akan sosialisasikan kebijakan penggunaan masker bagi seluruh pengguna jasa,” terang Direktur Utama PT. MRT Jakarta, William Sabandar, di Jakarta, Senin, 6 April 2020.

Baca: Update 5 April: 198 Meninggal, 164 Sembuh di Indonesia

Untuk semakin mengefektifkan penggunaan masker, William akan menerapkan aturan yang lebih tegas lagi ke depannya. “Efektif per 12 April 2020, bagi pengguna jasa yang tidak menggunakan masker tidak diperkenankan untuk menggunakan layanan MRT Jakarta mulai dari masuk area stasiun hingga naik kereta,” tambahnya.

Langkah sosialisasi yang dilakukan antara lain, melalui imbauan petugas stasiun dan kereta kepada pengguna jasa melalui pengumuman secara berkala, pengumuman kebijakan melalui poster di beberapa titik dalam stasiun, hingga di seluruh kanal media sosial PT MRT Jakarta.

William juga menyarankan penggunaan masker pada saat berpergian dengan masker kain minimal dua lapis yang dapat dicuci setiap hari. Sejalan dengan saran tersebut, juru bicara pemerintah untuk penanganan wabah corona, Achmad Yurianto, menyebutkan kriteria masker yang digunakan bersifat water resistant. “Gunakan masker kain. Ini menjadi penting karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala didapatkan di luar,” ujar Yuri pada Minggu, 5 April 2020.

https://dnetwork.site/mrt-dukung-instruksi-jokowi-soal-penggunaan-masker/

Subscribe to receive free email updates: