Menengok Acara Pelantikan Pejabat Negara saat Pandemi Corona di Istana : Okezone Nasional

featured image

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga pejabat negara di tengah pandemi virus corona (Covid-19) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Kepala Negara melantik Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Anggota KPU I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dan Benny Ramdhani sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Pelantikan Wagub DKI Ahmad Riza Patria dilakukan seperti pelantikan kepala daerah lainnya. Ariza Patria, sapaan akrabnya, terlebih dahulu menerima petikan Keppres sebagai pengesahannya menjadi orang nomor dua di Ibu Kota di Istana Merdeka, Jakarta.

Usai menerima petikan tersebut, Riza Patria langsung menuju Istana Negara tempat berlangsungnya acara pelantikan dengan kirab budaya yang dilakukan Paspampres bersama Presiden Jokowi dan Mendagri Tito Karnavian.

Namun, kirab budaya tersebut tidak berlangsung seperti biasanya lantaran hanya dikawal oleh empat prajurit Paspampres dengan menabuh drum band. Biasanya kirab budaya dilakukan oleh puluhan orang marching band dari Paspampres.

Tak ada acara salaman sebagai pemberian ucapan selamat kepada Wagub DKI tersebut. Presiden Jokowi dan tamu undangan lainnya hanya dengan menelungkupkan kedua tangan di depan dadanya. Mereka juga turut menggenakan masker, bahkan Menhan Prabowo Subianto menggenakan sarung tangan saat menghadiri acara tersebut.

Pelantikan pejabat negara yang kedua yakni melantik I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai Komisioner KPU menggantikan Wahyu Setiawan yang terjerang kasus suap di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kemudian, pelantikan pejabat negara yang ketiga yakni Benny Ramdhani yang dilantik sebagai Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI).

Politisi Hanura itu menjabat Kepala BP2MI setelah jabatan tersebut dipimpin pelaksana tugas (Plt) Kepala BP2MI Tatang Budie Utama Razak.

Pelantikan ketiga pejabat negara itu disiarkan lewat layanan streaming di akun Youtube resmi Sekretariat Presiden. Tampak para tamu yang hadir dibatasi dengan jarak sekitar satu meter antara satu tamu dengan tamu lainnya.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, tamu yang diundang pada acara pelantikan tersebut dibatasi hanya 30 orang. Selain itu, semua tamu juga harus menjalani pemeriksaan suhu tubuh hingga rapid test sebelum memasuki ruang acara.

“Pelantikan dengan konsep minimalis, sesuai protokol Covid-19,” kata Heru.

(wal)

Sumber

https://dnetwork.site/menengok-acara-pelantikan-pejabat-negara-saat-pandemi-corona-di-istana-okezone-nasional/

Subscribe to receive free email updates: