Cerita Netizen soal Dentuman Misterius, di Lampung Malah Tak Terdengar : Okezone Lifestyle

featured image

SUARA dentuman keras terdengar pada Sabtu dini hari, dan menjadi misteri sampai sekarang. Beberapa info mengatakan itu berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Media sosial pun ramai membahas asal suara tersebut.

Jika mengacu pada informasi yang dibagikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Twitter, Gunung Anak Krakatau memang erupsi. Kejadian itu terekam sekitar pukul 21.58 WIB, Jumat (10/4/2020). Erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 40 mm dan durasi kurang lebih 1 menit 12 detik.

Dikatakan juga di sana bahwa Gunung Anak Krakatau berada pada Tingkat Aktivitas Level II (Waspada) dengan rekomendasi: Masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km. Informasi tersebut disusun oleh Fahrul Roji, A.Md. Sumber data berasal dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos pengamatan Gunungapi Anak Krakatau.

Meski begitu, ada spekulasi kalau suara dentuman yang terjadi berulang kali tersebut bukan berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Belum diketahui pasti dari mana asal suaranya.

Di sisi lain, seorang netizen yang menetap di Lampung membagikan ceritanya mengenai fenomena munculnya suara dentuman.

“Beneran saya di Lampung enggak kedengeran suara dentuman erupsi apalagi gempa, tapi kenapa di Bogor, Tangerang Selatan, Jabodetabek, Bintaro, Jakarta Timur, Bekasi, kedengeran suara kencang,” cerita akun @cherryadias.

Ia memprediksi bahwa bisa saja dentuman suara tersebut pun gempa yang dirasakan banyak orang sekarang berasal dari getaran 6 gunung berapi lainnya. “Bisa jadi getaran antara 6 gunung merapi berstatus waspada, jadi bukan gunung Karakatu saja,” tambahnya.

Enam gunung berapi yang sedang erupsi tersebut antara lain: Gunung Kerinci level II (waspada), Gunung Krakatau level II (waspada), Gunung Merapi level II (waspada), Gunung Semeru level II (waspada), Gunung Ibu level II (waspada), Gunung Dukono level II (waspada).

Warga Lampung lainnya pun mengatakan tak mendengar suara dentuman. Seperti yang dikatakan akun @m_alfinjurin di Twitternya.

“Memang suara dentuman harus berasal dari gunung berapi? Memang Gunung Anak Krakatau sedang erupsi, tapi tak bisa disimpulkan begitu. Karena saya di Lampung tak mendengar apa-apa. Saya pikir ini karena Jakarta dan sekitarnya sedang pembatasan sosial berskala besar (PSBB),” ungkapnya.

Sementara itu, Okezone sempat mewawancarai warga di Cilegon yang lokasinya lebih dekat ke gunung Anak Krakatau. Dijelaskan Nino, gunung Anak Karatau memang sudah biasa erupsi dan warga Cilegon telah bersahabat dengan hal itu.

“Benar ada erupsi. Atuh Gunung Anak Krakatau mah biasa erupsi, tiap hari juga meletus-letus gitu,” ungkapnya melalui pesan singkat.



Sumber

https://dnetwork.site/cerita-netizen-soal-dentuman-misterius-di-lampung-malah-tak-terdengar-okezone-lifestyle/

Subscribe to receive free email updates: