Menu Close

Mengenal Dana Utang Sebelum Memulai Investasi

Dana utang adalah gabungan investasi, seperti reksa dana dan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), yang memiliki efek hutang, seperti obligasi dan instrumen pendapatan tetap lainnya.

Dana utang dalam memulai investasi uang terbaik biasanya digunakan untuk investasi pendapatan atau sebagai bagian dari portofolio yang terdiversifikasi dan dapat dibeli melalui perusahaan reksa dana.

Bagaimana Dana Utang Bekerja

Dana utang, juga disebut dana obligasi atau dana pendapatan tetap. Biasanya Investasi yang Baik dapat menggabungkan lusinan atau ratusan sekuritas utang dalam satu investasi gabungan.

Ini berarti bahwa seorang investor dapat membeli hanya satu dana utang dan berpotensi mendapatkan eksposur ke berbagai jenis obligasi.

Seperti obligasi korporasi, obligasi kota, dan obligasi luar negeri. Investor juga dapat memilih dana utang yang berfokus hanya pada salah satu kategori tersebut.

Ketika seorang investor membeli dana utang, mereka tidak benar-benar memiliki sekuritas utang yang mendasarinya investasi saham pemula dari dana itu sendiri.

Dengan dana hutang, investor secara tidak langsung berpartisipasi dalam bunga yang dibayarkan oleh surat utang pokok yang dimiliki dalam reksa dana atau ETF.

Juga, reksa dana tidak dinilai oleh harga melainkan nilai aset bersih dari kepemilikan yang mendasari dalam portofolio.

Bagaimana Dana Hutang Berbeda dengan Obligasi

Obligasi adalah kewajiban hutang yang dikeluarkan oleh perusahaan, pemerintah atau kota. Ketika Anda membeli obligasi individu, Anda pada dasarnya meminjamkan uang Anda kepada entitas untuk jangka waktu tertentu.

Sebagai imbalan untuk pembelian Anda, entitas peminjam akan membayar Anda bunga sampai akhir jangka waktu tertentu. Akhir jangka waktu, yang disebut tanggal jatuh tempo, adalah ketika Anda akan menerima investasi awal atau jumlah pinjaman (pokok).

Berikut adalah perbedaan utama antara obligasi dan dana utang:

Apa Itu Dana Utang Dalam Memulai Investasi?

Kepemilikan Ketika Anda membeli obligasi, Anda adalah pemilik keamanan utang. Dengan dana hutang, apakah itu reksa dana atau ETF, Anda tidak memegang obligasi.

Bunga yang Anda peroleh, atau apa yang disebut hasil dana, adalah cerminan dari tingkat rata-rata gabungan yang diperoleh oleh kepemilikan obligasi yang mendasari dalam dana tersebut.

Risiko Pokok Harga untuk obligasi dan dana utang dapat berfluktuasi. Namun, karena obligasi individu biasanya dimiliki hingga jatuh tempo.

Mengapa Berinvestasi Dalam Dana Utang

Orang yang melakukan investasi langsung maupun Investasi Online dalam dana utang biasanya adalah investor yang ingin mendiversifikasi portofolio mereka. Dana hutang biasanya berkinerja berbeda dari dana ekuitas, dana saham.

Misalnya, selama pasar beruang, ketika harga saham jatuh, harga obligasi sering naik. Untuk alasan ini, menggabungkan dana saham dengan dana utang mengurangi volatilitas dari nilai akun Anda.

Beberapa investor membeli dana utang sebagai sumber pendapatan di masa pensiun. Reksa dana atau itu akan meneruskan bunga yang diperoleh dari kepemilikan obligasi kepada investor.

Dana hutang biasanya membayar dividen triwulanan, termasuk pembayaran bunga. Investor dana hutang juga berpartisipasi dalam keuntungan harga surat berharga yang mendasarinya.

Cara Membeli Dana Utang

Anda dapat membeli cara investasi saham untuk pemula melalui penasihat Investasi Finansial, pialang saham, atau langsung online dengan akun Anda sendiri melalui perusahaan reksa dana tanpa beban atau pialang diskon.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang dana utang sebelum Memulai Investasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda dalam berinvestasi. Semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *