Menu Close

Mengenal 5 Jenis Jeruk Dengan Ciri Khas Berbeda-Beda

source gambar : tanihub.com

Jeruk menjadi buah yang sangat populer dengan rasa yang menyegarkan karena kandungan airnya yang cukup banyak. Selain segar, buah jeruk juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh.

Jeruk ini kaya kandungan vitamin C dan terdapat cukup beragam varietasnya. Di bawah ini akan diulas beberapa jenis buah jeruk tersebut yang perlu kalian ketahui.

  • Pamelo

Untuk jenis jeruk yang pertama yaitu Pamelo yang mungkin lebih dikenal dengan jeruk bali. Jenis jeruk ini memiliki ukuran yang besar dan memiliki daging putih kemerahan. Sementara untuk rasa jeruk bali bisa manis, atau asam dan bisa juga kombinasi dari keduanya.

Bisa dibilang jeruk bali tidak selalu ada di pasaran, biasanya jeruk bali hanya muncul saat musim panen. Kulit jeruk bali ini cukup tebal, sehingga diperlukan cara tertentu untuk mengupasnya.

Pada beberapa daerah, kulit pamelo ini sering menjadi makanan sejenis manisan atau hidangan lain.

  • Jeruk Mandarin

Selain jeruk bali, selanjutnya ada jeruk mandarin. Jenis jeruk ini dipercaya dari Tiongkok dan mempunyai rasa manis dengan ukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya. Jenis jeruk ini memiliki kulit tipis sehingga mudah dikupas.

Biasanya pohon jeruk ini dapat tumbuh baik itu di daerah subtropis atau pun tropis. Jeruk mandarin biasanya sering dibagikan kepada anggota keluarga atau teman selama perayaan Imlek.

Bukan hanya bisa diambil dagingnya saja, kulit jeruknya juga bisa dikeringkan lalu digunakan sebagai bahan pengobatan Tiongkok. Di Indonesia, jenis jeruk ini adalah jeruk impor dan mudah ditemukan seperti di supermarket.

  • Jeruk Manis

Jenis jeruk yang lebih umum yaitu orange atau jeruk manis. Jeruk ini merupakan hasil persilangan pamelo dengan jeruk mandarin. Rasanya manis dan menyegarkan, jeruk manis juga terkenal memiliki aroma yang kuat.

Jeruk manis memiliki nama yang sering dipakai agar bisa membedakan buah jeruk ini dari berbagai varietas jeruk lain terutama jeruk pahit atau citrus aurantium. Bukan hanya daging buah jeruk manis ini yang segar saat dimakan.

Sama dengan jeruk mandarin, kulit jeruk yang satu ini juga sering dipakai. Salah saut kegunaan kulit jeruk manis yaitu sebagai bahan untuk membuat parfum misalnya.

  • Jeruk Tangerine

Jeruk tangerine menjadi jenis jeruk lain yang merupakan hasil persilangan. Namanya sesuai dari tempat asal jeruk satu ini yaitu dari Tangier, Maroko. Jeruk Tangerine mempunyai bentuk lebih kecil jika dibandingkan jeruk biasa.

Meski kecil, daging buah jeruk tangerine lebih manis. Dikarenakan lebih manis rasanya, jeruk tangerine biasa dipergunakan sebagai bahan berbagai minuman, dessert, atau jenis hidangan-hidangan lainnya.

  • Jeruk Lemon

Untuk jenis jeruk satu ini tidak biasa dimakan seperti biasa yaitu jeruk lemon. Jeruk ini sering dipergunakan untuk kuliner sebagai bahan tambahan. Bisa juga sebagai komposisi bahan pengobatan, bahan pelengkap untuk pembersih, dan keperluan lainnya.

Maka dari itu, lemon menjadi buah jeruk serbaguna yang mempunyai peran besar di industri-industri. Rasa asam jeruk lemon sangat unik, sehingga jeruk lemon baik itu air dan kulit jeruk lemon sering dipakai untuk menyiapkan hidangan yang menyegarkan.

Jika kalian ingin mendapatkan ragam macam jeruk yang tak hanya segar saja tetapi juga berkualitas, maka anda bisa coba menggunakan situs atau aplikasi TaniHub. Di sana, kalian bisa menemukan ragam kebutuhan masak rumah tangga atau pun usaha termasuk beraneka macam jeruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *