Menu Close

Mainan Anak yang Sebaiknya Tidak Diberikan, Orang Tua Harus Tahu!

Mainan Anak yang Sebaiknya Tidak Diberikan, Orang Tua Harus Tahu! – Memberikan mainan untuk anak-anak tidak boleh dilakukan secara sembarangan, jangan sampai anak terluka atau membahayakan orang lain dengan mainan yang ia gunakan. Berikut ini adalah beberapa jenis mainan yang sebaiknya tidak Anda berikan kepada anak.

Mainan Senjata

Umumnya mainan senjata diberikan oleh orang tua kepada anak laki-laki, hal ini dimaksudkan agar mereka bisa menjadi laki-laki yang gagah, padahal menurut penelitian hal tersebut malah akan membuat anak tidak ragu untuk melakukan kekerasan.

Mainan anak yang sebaiknya tidak diberikan adalah pistol, samsak atau tinju, senapan laras panjang atau pendek, hingga boneka tinju. Permainan tersebut akan membuat anak menjadi lebih agresif, susah diatur dan memberikan konsep bahwa melakukan kekerasan adalah hal yang wajar.

Ponsel

Saat ini orang tua tidak ragu memberikan anak-anak gawai atau ponsel, sebab akan memudahkan orangtua melakukan berbagai aktifitas. Menggunakan gawai atau gadget akan membuat anak tidak rewel, namun ini akan menganggung proses dan tumbuh kembangnya.

Resiko yang umum ditemui adalah keterlambatan berbicara, sebab anak hanya akan melakukan komunikasi secara satu arah, dengan ponsel saja. Anak yang lebih banyak bermain dengan gawai juga memiliki masalah dalam belajar,tidur dan juga kesulitan untuk fokus.

Tips Ketika Anak Bermain

Anda sebaiknya memberikan mainan anak yang sesuai dengan umur mereka, bisa berupa bola plastik, balok susun ataupun permainan masak. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar anak tetap bermain dengan aman, diantaranya adalah:

  • Awasi anak saat bermain, jangan sampai membiarkan anak bermain begitu saja. Kadang anak bosan dengan mainan yang dimiliki dan lari mencari sesuatu yang menarik.
  • Jangan berikan mainan terus menerus, sesekali luangkan waktu untuk bermain di luar rumah.

Dua tips tersebut bisa Anda praktekkan ketika Anda menjadi orang tua. Jangan sampai salah dalam memberikan mainan anak, sebab akan menggangu tumbuh dan kembang anak. Sediakan permainan yang sesuai dengan umur, yang aman dan tidak berbahaya untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *