Menu Close

Cara Mengolah Daging Sapi yang Tepat Sebelum Dimasak

Sebelum memasak daging sapi, ada hal yang harus diperhatikan sebelumnya, mulai dari pemilihan dagingnya, membersihkannya, mengolah dan membumbuinya serta memasaknya. Memasak daging sapi agar menghasilkan hidangan yang empuk tanpa merusak tekstur memerlukan pengolahan yang tepat. 

10 Bagian Daging Sapi Terbaik untuk Diolah, Kamu Suka yang Mana?
source gambar : idntimes.com

Pemilihan Daging Sapi

Ketika kita hendak membeli daging sapi, pastikan daging sapi segar, tidak anyir, bertekstur kenyal dan padat, memiliki warna merah terang dan tidak mengandung air. Memilih daging sapi yang mau dimasak hendaknya disesuaikan dengan menu yang akan dibuat, karena bagian-bagian daging sapi mempengaruhi jenis masakan yang akan dibuat. Berikut panduan memilih daging sapi sesuai dengan jenis masakan yang akan dibuat.

  • Daging has dalam

Daging has dalam atau terkenal dengan nama tenderloin memiliki tekstur yang empuk dan tidak mengandung banyak lemak, cocok dibuat untuk masakan steak, empal daging rending dan baso.

  • Daging has luar

Daging has luar atau terkenal dengan nama sirloin memiliki tekstur yang empuk dan gurih, harganya lebih murah daipada daging has dalam, cocok diolah menjadi masakan seperti rending, steak dan tongseng.

  • Daging tulang Iga

Daging tulang iga atau biasa disebut dengan ribs ini merupakan bagian yang paling gurih dan memiliki tekstur yang kenyal, cocok diolah uutuk masakan sop iga, sop konro, iga bakar, sop tulang iga dan berbagai masakan lainnya.

  • Daging Sandung Lamur

Dikenal dengan nama brisket, memiliki tekstur yang a lot dan gurih, cocok diolah menjadi masakan rawon, asam padeh atau sanding lamur cabai hijau.

  • Daging Paha depan

Daging bagian ini biasa disebut dengan chuck memiliki tekstur urat kasar sehingga memakan waktu yang lebih lama dalam pengolahannya, cocok diolah menjadi masakan kari, semur, sop daging dan abon.

Cara Membersihkan Daging Sapi

Daging sapi yang sudah kita beli sebaiknya jangan dicuci jika tidak akan langsung dimasak. Berbagai referensi menyebutkan bahwa sebelum dimasak daging sapi tidak perlu dicuci dengan air, karena jika dicuci dengan air hal ini akan menyebabkan daging menjadi mengkerut dan tidak segar, bahkan daging akan terkontaminasi oleh bakteri yang ada dalam air. Cara membersihkan daging cukup dilap dengan tisu dapur, lalu dimasak atau jika tidak langsung dimasak maka simpan di dalam freezer. Namun jika kamu ingin tetap mencucinya dengan air, hal ini bisa saja dilakukan tetapi daging yang selesai dicuci harus langsung dimasak, maksimal dalam waktu dua jam setelah dicuci.

Cara Mengolah Daging Sapi

Setelah dicuci daging sapi perlu diolah dahulu sebelum dimasak, hal ini agar daging tidak keras ketika dimakan. Agar daging empuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum dimasak, diantaranya adalah dengan melumuri daging dengan garam dan membiarkannya selama 1-2 jam, setelahnya bilas dengan air agar tidak ada lagi garam yang menempel. Namun sebelumnya pukul-pukul dahulu daging sapi dengan palu khusus daging secara pelan-pelan agar daging tidak hancur dan tidak merubah teksturnya.

Cara Memasak Daging Sapi

Setelah melakukan tahap-tahap di atas, baru daging sapi bisa dimasak dengan baik. Pertama-tama, buanglah selaput berwarna putih yang terdapat pada daging. kedua, buang pula urat daging agar daging tidak keras, setelah itu baru potonglah daging sapi yang mau dimasak sesuai dengan selera, namun pastikan memotongnya secara melintang atau berlawanan  dengan serat otot daging agar mudah untuk dikunyah..

Perlu diperhatikan juga memasak daging sapi hendaklah menggunakan temperature yang sesuai, kalau overcook maka akan membuat daging kering, Sementara jika dimasak secara undercook, maka akan membuat tekstur daging menjadi sangat kenyal, hal ini pun tidak baik dilakukan. Cara masak daging sapi yang baik salah satunya bisa dilakukan dengan tekhnik slow cooking atau memasak dengan api kecil, agar kolagen di dalam daging  terurai saat direbus  sehingga akan menghasilkan daging yang empuk.  Dan juga bumbu akan meresap ke dalam daging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *