Menu Close

6 Manfaat Mengonsumsi Bawang Putih Mentah

Bawang putih merupakan salah satu bumbu wajib masakan yang digunakan untuk melezatkan setiap sajian. Tidak heran jika keberadaannya di dapur begitu dibutuhkan. Namun, apakah Anda sudah mengetahui bila ternyata bawang putih merupakan obat herbal yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit?

Manfaat Bawang Putih Untuk Menjaga Kesehatan

1. Menurunkan kolesterol

Bawang putih di duga mampu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Beberapa penelitian mengungkapkan bila bawang putih mampu melebarkan pembuluh darah serta mengendurkan otot halus. namun, bukan berarti bawang putih mampu menjadi obat kolesterol dan hipertensi yang cukup efektif, karena masih membutuhkan penelitian lebih luas.

2. Mengatasi dan mencegah pilek

Bawang putih dapat mencegah karena dapat memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh untuk melawan virus. Sebuah penelitian menunjukkan jika mereka yang sering mengkonsumsi bawang putih jarang mengalami flu serta pilek. Jika mengalami pilek pun, akan lebih cepat sembuh.

Khasiat yang dimiliki bawang putih bisa semakin maksimal jika dikonsumsi dalam keadaan mentah, karena pemasakan bawang putih yang terlalu matang akan menghancurkan kandungannya, selain itu bila Anda berniat mengkonsumsi suplemen yang mengandung bawang putih, lebih baik Anda berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lain dari bawang putih adalah mampu menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menemukan jika pemberian suplemen yang memiliki kandungan bawang putih berpotensi memberi efek perlindungan bagi jantung. Efek tersebut terlihat dari kemampuan bawang putih yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Baik untuk kesehatan saluran cerna

Bukan hanya baik bagi jantung, bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan saluran cerna. Kandungan zat allicin di dalamnya berguna untuk antibiotik dan antijamur. Penelitian menunjukkan bila manfaat bawang putih dapat digunakan untuk melawan bakteri H.pylori pada lambung.

5. Mencegah kanker

Manfaat lain bawang putih yang banyak diteliti adalah sebagai pencegah kanker. Penelitian menunjukkan bila bawang putih mampu menekan aktivitas sel kanker. Bawang putih mempunyai potensi sumber antikanker.

6. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Bawang putih memiliki kandungan anti bakteri, sehingga bisa mengatasi bakteri plak yang menjadi penyebab kerusakan gigi. Tak hanya itu, manfaat bawang putih mentah juga bisa mengatasi infeksi mulut. Untuk memanfaatkan bawang putih sebagai penjaga kesehatan mulut, Anda dapat menggunakannya bersamaan dengan antibiotik.

Tips Mengkonsumsi Bawang Putih

Ketika akan mengkonsumsi bawang putih mentah, biasanya masalah yang muncul adalah bau. Bawang putih mampu menimbulkan bau mulut dalam waktu yang lama sesudah memakannya. Lebih-lebih ketika dimakan dalam kondisi mentah. Jika ingin mengkonsumsi bawang putih namun tidak menimbulkan bau nafas, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti, antara lain:

1. Konsumsi makanan segar

Setelah mengkonsumsi bawang putih, Anda dapat mengkonsumsi buah segar seperti apel, pir dan yang lainnya. Makanan ini dapat menghilangkan bau mulut.

2. Setelah mengkonsumsi bawang putih, segera sikat gigi

Biasanya, bakteri yang menyebabkan bau mulut adalah plak gigi. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyikat gigi sesudah makan bawang putih, selain itu juga bisa ditunjang dengan menghilangkan sisa makanan yang menjadi penyebab bau. Penggunaan sikat gigi elektrik akan membantu menyikat di bawah garis gusi serta menghindari plak.

3. Gunakan obat kumur

Banyak bukti ilmiah mengungkapkan jika obat kumur dengan kandungan klorin dioksida bisa membantu menghilangkan bakteri lidah, plak serta sisa makanan. Lebih baik gunakan obat kumur sesudah menyikat gigi serta flossing. Perhatikan petunjuk dan dosis penggunaan obat kumur, sehingga dapat menghindari iritasi mulut dan penggunaan berlebihan.

4. Gunakan minyak esensial

Biasanya, minyak esensial ini dicampur dengan obat kumur yang mengandung alkohol. Manfaat dari minyak esensial ini adalah menyegarkan nafas serta untuk antibakteri. Anda bisa menggunakan obat kumur buatan sendiri, bahannya hanya cukup dengan minyak zaitun serta minyak esensial. Bau mulut akibat pengkonsumsian bawang putih juga bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi peppermint.

Khasiat bawang putih dapat dimaksimalkan jika Anda mengkonsumsinya dalam keadaan masih mentah, karena pemasakan bawang putih yang terlalu matang akan menghilangkan khasiatnya.

Untuk mendapatkan bawang putih dengan kualitas terbaik, selalu pastikan Anda membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan bawang putih juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Untuk berbelanja di TaniHub Anda bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *